Saturday, November 8, 2014

COBA IKUT IndiTIK

Ngeblog adalah pekerjaan melelahkan yang menghabiskan energi dan materi terutama listrik dan beaya internet maupun waktunya . Namun karena dilakukan dengan penuh kesenangan dan Passion yang jelas segalanya bisa diatasi bahkan menjadi addiksi seperti ketika lagi donor darah yang kalau nggak melakukan rasanya badan ada yang kurang.

Diawali dengan suatu keprihatinan dan kekhawatiran yang luar biasa 5 – 6 tahun yang lalu anak anak indonesia mengikuti ujian nasional dengan tuntuan negara harus bisa lulus dengan keputusan lulus dari nilai Ujian Nasional, Angka nilai dari sekolah tidak dipedulikan sehingga terlihat riuh rendah anak anak yang tidak terbiasa dengan hal ini menjadi panik. Ketika itu ada yang tidak lulus hanya karena biologi ataupun lainnya dalam jumlah besar Saya pikir ketika itu tidak hanya anaknya. Namun juga gurunya kepala sekolahnya , orang tuanya tetangga maupun pak lurahnya dan lainnya terlihat panik  

LSM berteriak , DPR berteriak , Politikus juga demikian namun semua kegundahan dan teriakan itu tidak menyelesaikannya karena negara tetap melakukan Ujian Nasional dan Tetap menentukan tidak lulus jika tidak memenuhi tuntutannya.
Terdengar BimBel berdiri menjamur sporadis untuk menangkap anak dan orang tua yang jelas kesulitan kesulitan itu . Dengan bergaya seakan akan menyongsong seperti malaikat penolong namun menjeratnya dengan keuangan yang begitu bisa dibayangkan . Orang tua tidak peduli untuk mencari uang untuk itu agar anaknya lulus .
Rasanya ingin berteriak jika melihat kerepotan orang tua mencari pendapatan tambahan untuk anak anaknya agar mendapat bimbingan agar bisa lulus.  Disisi lainnya rasanya juga ingin ketawa kenapa menjadi semakin gila anak anak indonesia untuk menghadapi UN tersebut ada yang dengan ritual mandi kembang , sekolah yang mengatur strategi intrik , nyari bocoran ke dukun ataupun menyepi yang semua itu membuat ketawa sekaligus miris.

Berangkat hal yang sederhana itulah meskipun sudah tua saya mencoba bangkit untuk bagaimana agar anak anak itu bisa terbantu dengan cara lebih nalar untuk memperbaiki pendidikan ini. Karena saya yakin ini juga karena tidak salahnya anak saja namun juga kemungkinan gurunya , orang tuanya maupun negaranya hehe

Memulai dari membeli buku cara ngeblog bertanya sana sini akhirnya tahun 2008 sedikit dan tertatih bisa ngeblog.
Dengan keberanian yang tentu ada dasarnya kami tuliskan visi misi Blog yang bisa di baca di biologigonz.blogspot.com untuk tujuan pasti seperti diatas
Blog yang kami tulis pasti tidak jauh dari yang kami geluti sejak tahun 80 an di Fakultas Biologi UGM di Yogyakarta .

Begitu semangatnya karena tuntutan ingin membantu  anak anak dan guru dan orang tua di seluruh indonesia akhirnya setiap hari selama 5 tahun ini terus mengisi dan memperbaiki materi materi yang kami postingkan. Alhasil Blog semakin banyak orang yang mengunjungi , banyak sekolah yang menggunakan pembelajaran menggunakan Blog biologigonz.blogspot, baik guru dan siswa dan siswinya terlihat dari Visitor yang semakin baik ratingnya
Banyak siswa siswi , mahasiswa , guru maupun orang tua lewat email , maupun tilpun bertanya ataupun mengucapkan terima kasih.
Dari email yang masuk itulah saya pribadi menjadi semangat terus meskipun tanpa profit tanpa suatu bingkisan ataupun lainnya yang berbau dunia kami dapatkan. Namun ternyata Tuhan memberikan lain yang tidak kami minta bisa dsediakan kami diberi sehat , diberikan rejeki dengan cara lain diberikan ketenangan bathin dan lainnya.

Hal hal aneh dan menyenangkan sering muncul ketika kami diundang untuk pertemuan Guru biologi di jakarta semua kok menyapa padahal saya tidak mengenal, saya jarang ikut dalam kegiatan itu di negeri karena saya sebagai guru swasta ternyata ia mengenalnya karena saya ngeblog dengan membuat Blog yang ia perlukan. Kebetulan juga saya di sekolah swasta Katolik SMA Gonzaga Saya ditunjuk sebagai ketua Guru Biologi SMA katolik di Jakarta Selatan sehingga jika apa apa yang ada dalam hasil diskusi tentang susahnya materi yang ada saya bisa up load ke Blog agar semua temen temen menjadi bisa dan mudah memecahkan solusinya.
Tentu hal inilah yang hingga 5 tahun terakhir ini saya meskipun tua terus bekerja berkarya hingga larut (mandahului kabinet Joko Wi) meng eXplo rasi apa yang kira menjadikan anak anak mudah untuk belajar
Kegiatan yang saya lakukan ini juga ternyata didukung  oleh sekolah, di support kepala sekolah seorang Jesuit muda bekas murid yang selalu ia mendukungnya agar terus berkarya. Lucu juga ketika saya denga guyon saya perlu I-Pad untuk kegitan belajar yang lebih Inspiratif ternyata sebentar saja saya bisa disediakan.
Akhir akhir ini saya bisa membuat buku Flip mengajar di Lap Top maupun I-Pad sehingga anak menjadi sangat gembira.



Sungguh inspiratif jika ternyata di Indonesia ada Gerakan Indonesia terdidik (IndiTik) memberikan informasi untuk membantu anak indonesia agar bisa maju yang sama persepsinya seperti keinginan dan visi misi saya nge Blog.
Terus terang saya merasa tertantang untuk mendukung gerakan Indonesia terdidik ini maka saya mencoba untuk urun rembug mengikuti apa yang dimaui IndiTik untuk mencari Guru Bloger Inspiratif 2014 yang sebenarnya saya ikut ini agak malu karena dipastikan akan tidak termasuk dalam kategorinya


Terima kasih Tuhan memberkati  AMDG 

1 comment:

Yuli Ratnasari, S.Si. said...

Salut untuk semua karya anda sejak 2008 ! semoga Intidik yang Pak Is cita-citakan segera terwujud karena sangat membantu semua kalangan terutama follower blog ini . GBU

Support web ini

BEST ARTIKEL